Minggu, 20 Oktober 2013

Sejarah dan latar belakang usaha


KERINCI, tidak hanya memiliki pemandangan alam yang indah, serta keanekaragaman budaya yang memukau. Namun Kerinci, yang merupakan Kabupaten paling barat Provinsi Jambi, juga memiliki makanan khas yang bisa dijadikan oleholeh untuk keluarga, usai berkunjung di Kerinci.
     Salah satu makanan khas kerinci yang saat ini semakin populer, adalah dodol kentang yang terdapat di Desa Lubuk Nagodang, Kecamatan Gunung Kerinci. Dodol kentang yang dibuat dari kentang bermutu tinggi, dari perkebunan disekitar lereng gunung kerinci, memiliki cita rasa yang sangat spesial. Menariknya, produksi dodol kentang yang dibuat warga lubuk nagodang, memiliki citarasa yang beragam. Diantaranya rasa strobery, pandan, gula aren, duren, kacang, coklat, dan berbagai pilihan rasa lainnya.
     Awalnya, industri pembuatan dodol kentang ini hanya digeluti sekelompok kecil warga saja. Namun, karena bagusnya prospek pengembangan dodol kentang, membuat sejumlah warga lainnya tertarik untuk menggeluti usaha serupa, terutama ibuibu rumah tangga dan remaja putri.
     "Warga yang memproduksi dodol kentang memang semakin banyak, karena prospeknya cukup bagus.
Meskipun penjualan dodol kentang sudah sampai ke beberapa pasar di Provinsi Jambi, pemburu dodol kentang khas Kerinci tetap banyak yang langsung ke Desa Lubuk Nagodang. Sekedar untuk melihat secara langsung cara pembuatannya, bahkan ada yang langsung masuk ke dapur pembuatan.

PEMBUATAN DODOL KENTANG
Pembuatan dodol kentang tidak sulit dilakukan akan tetapi memerlukan waktu yang cukup lama karena memerlukan pemasakan sekitar 3 jam (tergantung jumlah bahan).  Masalah lain yang sering ditemui adalah pengeringan bahan setelah dimasak.  Biasanya pengeringan dilakukan dengan penjemuran, dan lamanya penjemuran sangat ditentukan oleh intensitas penyinaran matahari.  Pada waktu cuaca panas sempurna maka penjemuran bisa selesai dalam satu hari,  pada cuaca yang kurang menguntungkan atau hujan bisa dikeringkan dengan menggunakan alat pengering buatan seperti oven.

A. BAHAN YANG DIPERLUKAN  :
Kentang                                         : 1 Kg
Tepung terigu                              : 200 Gram
Gula                                               : 500 Gram
Santan                                         : dari satu buah kelapa



B. ALAT YANG DIPERLUKAN :
Timbangan
Tungku pemasak
Wajan
Kompor
Saringan
Pengaduk
Cetakan
Rak penjemuran/alat pengering
Alat kemasan


C. CARA  KERJA :
Timbang kentang sebanyak 1 Kg kemudian dibersihkan.
Kentang direbus sampai matang sempurna
Setelah perebusan selesai didinginkan kemudian kulitnya dikupas.
Buat adonan yang terdiri dari kentang yang sudah dihancurkan ditambah dengan santan kelapa, 500 Gram  gula,   200 Gram  tepung terigu  dan garam.
Adonan dimasak sampai jadi berbentuk pasta yang agak keras, biasanya pemasakan berlangsung selama  sekitar 1 Jam  (akhir pemasakan ditandai dengan  adonan yang menggumpal/tidak lengket di kuali  dan  berminyak)
Setelah adonan masak dan agak mengeras adonan didinginkan
Setelah dingin dimasukkan ke dalam wadah cetakan
Lakukan pengeringan dengan jalan penjemuran
Setelah dijemur selama 1 hari (bila panas matahari sempurna) dodol dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan
Lakukan pengemasan dengan menggunakan kertas sebagai kemasan primer dan kotak plastik sebagai kemasan sekunder

Catatan :
Kelapa yang digunakan bisa juga tanpa penyantanan (langsung  diaduk dengan adonan  tanpa diperas santannya)
Biasanya dengan jumlah adonan diatas akan diperoleh sekitar 1,4 Kg  dodol kentang,   bila menggunakan  kelapa tanpa penyantanan akan diperoleh sekitar 1,6 Kg dodol kentang
Pemasakan dalam jumlah kecil sebaiknya menggunakan teflon, dalam jumlah banyak menggunakan kuali yang tebal  agar tidak lengket.

BAGIAN III STRATEGI PEMASASRAN
Pemasaran merupakan hal penting dalam sebuah brand atau produk, entah itu produk baru atau produk yang telah memiliki konsumen yang jelas. Dalam dunia pemasaran sangat menentukan bagaimana sebuah perusahaan akan sukses, jalan di tempat atau bahkan gulung tikar.
 Pemasaran selalu menjadi kajian utama untuk sebuah produk, berbagai macam strategi dan taktik akan dilakukan agar produk laku di pasaran.
Dalam hal ini strategi yang kami lakukan untuk memasarkan produk dodol kentang yaitu :
·         Promosi
·         Diskon
·         Buka lapak/ toko
·         Mengirim ke luar daerah bahkan manca negara
·         Melakukan penjualan melalui supermarket
·         Pemasaran juga telah dilakukan secara online

STRATEGI PRODUK
Produksi dodol kentang bisa di olah menjadi berbagai rasa
·         original
·         Durian
·         stroberi
·         Pandan
·         Kacang merah
·         Terong belanda
·         Nanas
·         Gula merah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar